Selasa, 15 Desember 2009

PROFIL DINAS KESEHATAN


VISI

Visi Dinas Kesehatan Kota Bekasi adalah:

"Unggul dalam Pelayanan Kesehatan Prima Menuju Masyarakat Kota Bekasi Sehat Yang Mandiri Tahun 2013"

Visi ini memiliki keterkaitan yang erat dengan visi Kota Bekasi yaitu: Bekasi Cerdas, Sehat, dan Ihsan.

Penjelasan visi :

Unggul adalah kinerja yang lebih baik dari daerah lain atau dari waktu sebelumnya serta mempunyai daya saing yang tangguh.

Pelayanan Kesehatan Prima adalah upaya dengan mutu terbaik yang diselenggarakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan baik perorangan, kelompok maupun masyarakat.

Masyarakat Kota Bekasi Sehat Yang Mandiri Tahun 2013 adalah bahwa pada tahun 2013 diharapkan seluruh masyarakat Kota Bekasi sadar akan pentingnya kesehatan dengan perilaku sehat, mudah mendapatkan informasi kesehatan serta memiliki kemampuan menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata.

Mandiri adalah bahwa setiap orang dan juga masyarakat bersama dengan pemerintah berperan, berkewajiban dan bertanggung jawab untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan perorangan, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya.


MISI

Misi pada prinsipnya lebih bersifat tujuan jangka panjang dari suatu organisasi dan berfungsi memberikan tuntutan yang teguh dalam pengambilan keputusan management. Dengan dasar pemikiran tersebut, maka Dinas Kesehatan merumuskan misi yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai berikut:

   1. Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan
   2. Perbaikan Lingkungan
   3. Pemberdayaan Unit Pelayanan Kesehatan Swasta
   4. Peningkatan Kualitas Sumberdaya Tenaga Kesehatan dan Masyarakat
   5. Pengembangan Jaminan Kesehatan Masyarakat 



TUPOKSI 

Unsur Organisasi Dinas Kesehatan terdiri atas :

1. Pimpinan adalah Kepala Dinas;
2. Pembantu Pimpinan adalah Sekretariat dan Sub Bagian;
3. Pelaksana adalah Bidang, Seksi, UPTD dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Walikota dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang Kesehatan yang meliputi pelayanan kesehatan, pengendalian masalah kesehatan, pengembangan sumber daya manusia kesehatan serta jaminan dan sarana kesehatan.

Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan teknis administratif kegiatan dan ketatausahaan yang meliputi urusan penyusunan program, tata usaha serta keuangan dan perlengkapan.

Bidang Pelayanan Kesehatan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan pelayanan kesehatan khusus.

Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi pengendalian dan pemberantasan penyakit, wabah dan bencana serta kesehatan lingkungan.

Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi perencanaan dan pendayagunaan, pendidikan dan pelatihan serta registrasi dan akreditasi.

Bidang Jaminan dan Sarana Kesehatan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam memimpin, mengendalikan, dan mengkoordinasikan penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum yang menjadi kewenangan Dinas pada bidang yang meliputi jaminan kesehatan, sarana dan peralatan kesehatan serta kefarmasian.

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan bidang tenaga fungsional masing-masing, sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Unggul dalam Pelayanan Kesehatan Prima Menuju Masyarakat Kota Bekasi Sehat Yang Mandiri Tahun 2013